Sunday, July 18, 2010

Ryass : Hanya Papua dan Kalimantan Yang Layak Dimekarkan

Papua. TEMPO/Imam Sukamto
TEMPO Interaktif, YOGYAKARTA - Eks Menteri Otonomi Daerah Ryaas Rasyid menilai daerah yang paling memungkinkan untuk pemekaran hanya Papua dan Kalimantan. Sebab dua daerah tersebut berada di wilayah perbatasan langsung dengan negara lain. Sementara untuk pemekaran daerah lain masih dalam moratorium.

“Moratorium pemekaran daerah kan artinya penundaan sementara, saya kira bisa dipahami karena untuk meyakinkan bahwa secara selektif merupakan suatu kebutuhan, yang paling mendesak untuk pemekaran adalah Papua dan Kalimantan karena berada di perbatasan,” kata Ryaas Rasyid di Yogyakarta, Sabtu (17/7).

Tujuan pemekaran yang paling penting, kata dia adalah masuknya keuangan pusat ke daerah yang dimekarkan. Selain itu ada ruang partisipasi bagi politisi daerah. Untuk meredam keinginan kuat masyarakat yang menginginkan pemekaran menurut Ryaas dengan diberi penyadaran soal masalah yang dihadapi yang harus diatasi. Sebab proses untuk pemekaran tidak mudah dan murah. Pemekaran wilayah merupakan suatu solusi masalah bukan menciptakan masalah baru.

Beberapa waktu lalu Presiden SBY menyatakan selama 10 tahun terakhir terjadi pemekaran wilayah sebanyak 205 daerah. Tetapi 80 persen di antaranya diangap gagal. Setidaknya pernyataan SBY tersebut masih bisa diperdebatkan.

“Presiden menyatakan seperti itu minimal untuk warning,” kata Ryaas.
MUH SYAIFULLAH

No comments:

Post a Comment