Saturday, October 30, 2010

PM Australia Harus Tekan Indonesia Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Papua

Jumat, 29/10/2010 14:15 WIB
PM Australia Harus Tekan Indonesia Selidiki Kasus Penyiksaan Warga Papua
Rita Uli Hutapea - detikNews


Julia Gillard (AFP)
Canberra - Perdana Menteri (PM) Australia Julia Gillard akan berkunjung ke Indonesia pekan depan. Dalam kunjungan itu, PM Gillard didesak untuk menekan pemerintah Indonesia guna melakukan penyelidikan penuh atas penyiksaan yang dilakukan personel TNI terhadap warga Papua.

Desakan itu disampaikan organisasi HAM terkemuka, Human Rights Watch (HRW) yang berbasis di New York, Amerika Serikat.

"Gillard harus menuntut agar kasus penyiksaan baru-baru ini oleh pasukan keamanan Indonesia diselidiki dengan benar, tidak disembunyikan," kata Elaine Pearson, wakil direktur Asia di HRW seperti dilansir AFP, Jumat (29/10/2010).

Seruan itu disampaikan HRW setelah munculnya sebuah video di Internet yang memperlihatkan dua pria Papua dianiaya personel TNI. Militer Indonesia kemudian mengakui tentara-tentaranya terlibat dan menyebut tindakan mereka "tidak profesional".

PM Gillard akan bertemu Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dalam kunjungannya ke Jakarta pekan depan. Lawatan itu akan menjadi kunjungan regional pertama Gillard sejak menjadi PM.

Pemerintah Australia memberikan bantuan ke Indonesia pada sejumlah kebijakan kontra-terorisme melalui pelatihan militer Indonesia. Australia juga ikut mendanai Densus 88, unit antiteroris Indonesia yang dibentuk menyusul peristiwa bom Bali 2002 lalu.


-- http://www.detiknews.com/read/2010/10/29/141559/1478750/10/pm-australia-harus-tekan-indonesia-selidiki-kasus-penyiksaan-warga-papua

No comments:

Post a Comment