Tuesday, July 28, 2009

OPM Desak RI Kembalikan Papua Barat ke PBB

Sebab, Pepera yang digelar pada tahun 1969 tidak sah dan penuh rekayasa.
Sabtu, 25 Juli 2009, 21:14 WIB
Maryadie
Pasukan Organisasi Papua Merdeka (VIVAnews/Banjir Ambarita)

VIVAnews - Organisasi Papua Merdeka mendesak pemerintah Republik Indonesia segera mengembalikan Papua Barat ke PBB. Agar nantinya dilakukan penentuan pendapat rakyat akan nasib bangsa Papua. Sebab, Pepera yang digelar pada tahun 1969 tidak sah dan penuh rekayasa.

Hal itu diungkapkan Panglima TPN/OPM wilayah Keerom Perbatasan RI-PNG Lambert Pekikir ketika ditemui VIVAnews di Bukit Karang, Kalimur Wembi Keerom, perbatasana RI-PNG Papua, saat menggelar penurunan bendera Bintang Kejora, Sabtu, 25 Juli 2009.

"Sesuai dengan pembukaan UUD 45 kemerdekaan adalah hak segala bangsa. Demikian juga bangsa Papua berhak untuk meredeka," kata dia..

Untuk itu, Indonesia sebaiknya mengembalikan Papua barat ke PPB, agar rakyat Papua bisa menentukan nasibnya sendiri.

Menurutnya, Pepera yang dilakukan pada tahun 1969 sangat penuh dengan rekayasa. Sebab tidak seluruh rakyat papua dilibatkan.

Dan Pepera itu hanya akal-akalan pemerintah RI, agar bisa mencaplok Papua. “PBB tidak pernah mengesahkan Pepera,’’singkatnya.

Ironisnya, lanjut Lambert, Papua sudah dicaplok dengan dalih Pepera, tapi Pemerintah RI tidak pernah membangun Papua, tapi hanya mengeksploitasi kekayaan alamnya dan membunuh rakyatnya. "RI tidak pernah serius membangun Papua, jadi lebih baik bangsa Papua merdeka,’’tandasnya.

Otonomi khusus yang diberikan RI, sambungnya, bukan penyelesaian, bahkan rakyat Papua kian terperosok dalam kemiskinan, keterbelakangan serta menyuburkan penyakit HIV/AIDS.

Dia juga menyesalkan sikap pemerintah Indonesia yang hingga saat ini tidak membuka diri untuk kesejahteraan rakyat Papua Barat.

Saat mengibarkan bendera Bintang Kejora, kelompok TPN/PM itu juga sempat kontak senjata dengan TNI. Namun kontak yang berlangsung selama beberapa menit itu tidak ada korban.

Di depan para wartawan, Lambert bersama beberapa pasukannya kemudian melakukan upacara penurunan bendera Bintang Kejora.



http://nasional. vivanews. com/news/ read/77828- opm_desak_ ri_kembalikan_ papua_barat_ ke_pbb

No comments:

Post a Comment